Selasa, 02 Desember 2008

Review Bab 3. Model Daya Kompetitif Porter (Competitive forces Model)

Perubahan dunia bisnis yang global mendorong perusahaan mengandalkan kekuatan informasi yang strategis untuk berbisnis. Kekuatan sistem informasi yang strategis tidak hanya ditentukan oleh persaingan tetapi juga ditentukan oleh 4 kekuatan dalam lingkungan perusahaan, pemain baru di pasar, produk substitusi, cutomer dan supplier.

  • PT Telkom dulu tidak mempunyai banyak saingan dan menciptakan produk yang tidak memiliki diferensiasi produk seperti telepon rumah dan telkomnet instan dan melakukan promosi biaya pemasangan telepon rumah yang murah khusus PNS Guru. Sekarang Telkom memiliki banyak pemain baru di pasar yang siap menyingkirkan Telkom kita lihat saja sainganya adalah Telkomsel yang merupakan penyedia fasilitas informasi yang diinginkan pelanggan melalui akses handpone dengan memilih data yang ingin diakses pelanggan ketika mereka mudik. Telkomsel menyediakan banyak deferensiasi produk yang ditawarkan seperti kartu Simpati, AS dan modem wireless dengan biaya tarif yang berbeda serta layanan content, NSP, 3G, GPRS, MMS, video call dan akses internet banking melalui HP. Tetapi Telkom mulai bangkit dengan melakukan diferensiasi produk misalnya Flexi dan Speedy untuk memenuhi keinginan pelanggan. Dan jelas bahwa Untuk melakukan daya kompetitif diperlukan diferensiasi produk dan pelayanan sesuai dengan keinginan pelanggan serta dukungan Teknologi Informasi sebagai alat yang strategis untuk melakukan daya kompetitif (competitive forces model) untuk bersaing secara global.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Artikel ini membantu tugas kuliah saya..terimakasih..

Mampir juga ke blog saya ya :D
http://wriswandi.wordpress.com/
Salam