Rabu, 14 Januari 2009

Review Chapter 12 Systems Planning and Development


Langkah-langkah dalam perencanaan system informasi :

1. Menciptakan misi sistem informasi perusahaan
Dalam membangun sebuah system informasi perusahaan harus mempunyai misi yang jelas serta tujuan yang akan dicapai. Sistem informasi harus sejalan dengan misi perusahaan. Dan CIO (Chief information officer) harus mengembangkan perencanaan yang strategic untuk menghadapi pesaingnnya ketika menjalankan misi system informasi perusahaannya. Jika perusahaan mempunyai misi untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, Ciptakanlah teknologi informasi yang memanjakan pelanggan dan akrab dengan pelanggan.

2. Visi Perusahaan Sistem informasi
Teknologi informasi dikatakan ideal yaitu harus mendukung misi perusahaan misalnya dari segi hardware, software dan teknologi komunikasi. misalnya dalam melayani kebutuhan pelanggan dan karyawan secara online dan cepat maka perusahaan harus menyediakan suatu system informasi dengan hardware spesifikasi tinggi dengan multi prosesor eight core , RAM 8 Gigabyte, hardisk 4 terrabyte yang dikemas dalam bentuk server. Untuk menjalankan hardware digunakan operating system linux. Dengan menggunakan WiMax dengan kecepatan transfer 75 Mbps, untuk konektitivitasnta.

3. Menciptakan Perencanaan Strategis dan Taktis
Teknologi informasi yang mampu bersaing secara global harus bisa menciptakan rencana yang strategis dan taktis yang bisa berubah dalam dalam waktu yang singkat misalnya perusahaan seperti GUESS, Levi Straus dan Reebok merekrut Li & Fung, perusahaan yang ada di Hongkong, untuk mengelola produksinya dan pengiriman produknya. Li & Fung menangani pengembangan produk, perolehan bahan baku, perencanaan produksi, jaminan kualitas dan pengiriman.

4. Membuat Rencana Operasi
Dalam rencana operasi terdapat beberapa analisis yaitu Proyek, Prioritas, Staffing, Pembelian dan Pembiayaan. Untuk setiap proyek pihak manajemen memliki banyak proyek dengan perusahaan vendor lain dengan berbagai macam proyek, dan dari sekian banyak proyek harus diselesaikan mana yang harus diproritaskan untuk membangun teknologi informasi perusahaan.Setelah itu dilakukan perekrutan pegawai sesuai skill dan keahlian mereka di bidang Teknologi Informasi yang memiliki sifat dapat dipercaya dan menjunjung tinggi nilai kejujuran. Selanjutnya adalah melakukan pembelian hardware, software dan perangkat lainnya untuk membangun infrastruktur teknologi informasi. Rencana terakhir adalah membiayai hal-hal yang mengenai perawatan infrastruktur teknologi informasi.

5. Membuat Anggaran
Setelah melalui langkah-langkah dalam perencanan yang sudah disebutkan tadi barulah disusun anggaran dalam jumlah moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang. Anggaran yang sudah dibuat akan direalisasikan kedalam rencana membangun infrastruktur Teknologi Informasi


Daur Hidup Pengembangan Sistem informasi



Analysis
Ketika perencanaan system sudah dilaksanakan maka selanjttnya adalah melakukan analisis, dalam menganalisis diperlukan langkah-langkah seperti penyelidikan untuk memperoleh informasi detil kebutuhan pengguna atau melakukan wawancara, observasi dan kuisioner. Melakukan studi kelayakan ekonomi seperti return of investment dan rasio laba perusahaan. Melakukan studi kelayakan teknis seperti ketersediaan komponen atau hardware yang cukup.

Design
Perancangan biasanya menjelaskan perancangan dalam bentuk spesifikasi program dan bagan struktur system dari beberapa komponen computer dan selanjutnya melakukan pengujian keseluruhan system terintegrasi apakah struktur system tersebut berfungsi dengan baik.

Implementasi
Langkah dalam implentasi adalah konversi dan pelatihan. Konversi biasanya mengubah system lama ke system yang baru. Konversi dibuat bertahap dan terintegrasi untuk membuat system yang baru.

Support
Biasanya setelah melakukan pengimplementasian maka harus adanya dukungan pemeliharaan serta memperbaharui system informasi apakah itu menambah atau mengurangi komponen system informasi dan juga mendukung tahap daur hidup system informasi menjadi lebih lama.

Summary
Perencanaan teknologi adalah merupakan hal yang penting karena memerlukan investasi yang besar dan
Standarisasi merupakan bagian dari perencanaan IT. Tujuan dari analisa system adalah untuk menentukan apakah system tersebut sudah memuaskan atau belum. Implementasi meliputi pelatihan dan konversi system informasi kedalam new information system. Dukungan memerlukan pemeliharaan dan memperbaharui system informasi sampai ke tahap yang memuaskan.

Tidak ada komentar: